- Advertisement -spot_img
24.4 C
Indonesia
HomeAgribisnisGampang! Cara Menanam Cabe di Pot Berbuah Lebat

Gampang! Cara Menanam Cabe di Pot Berbuah Lebat

- Advertisement -spot_img

Jika kita bisa memaksimalkan lahan terbatas yang kita punya, maka sebenarnya kita bisa memaksimalkan potensi bisnis alternatif dalam melakukan pembudidayaan tanaman cabe skala bisnis.

Jika tahu caranya, tanaman cabe bisa ditanam dalam pot dan bisa berbuah lebat. Artikel ini akan mengulas cara tepat menanam cabe di pot/polybag dengan panen maksimal buah yang lebat.

Setiap orang ingin tahu cara menanam cabe yang benar dan berbuah lebat

Setiap orang selalu menanam cabe di pekarangan rumahnya, namun banyak yang gagal karena keterbatasan pengetahuan cara menanam yang baik. JIka tahu caranya, maka cukup memanfaatkan pekarangan sekitar rumah, teras maupun loteng rumah kita semua bisa mewujudkan budidaya cabe yang bisa menghasilkan keuntungan.

Jenis Cabe yang Cocok Ditanam di Polybag.

3 jenis cabe yang cocok ditanam di pot adalah, jenis cabe keriting, cabe rawit dan cabe merah besar. Perlu diketahui bahwa jenis cabe merah besar merupakan salah satu cabe dengan permintaan pasar yang cukup besar, namun Anda boleh memilih sesuai kebutuhan.

Syarat Tumbuh Tanaman Cabe di Pot.

Perhatikan syarat berikut agar tanaman cabe dapat tumbuh maksimal, yaitu:

  • Menanam cabe bisa dikerjakan baik di dataran tinggi maupun dataran rendah.
  • Secara umum menanam cabe bisa dilakukan pada ketinggian 0-2.000 meter diatas permukaan air laut.
  • Suhu optimal bagi tanaman cabe yang dibutuhkan kisaran 24-27 C, tetapi tetap sanggup tahan terhadap suhu yang lebih bergantung berasal dari type varietas cabe.

Daerah perkotaan termasuk daerah yang cocok untuk budidaya cabe. Cara mengatasi suhu yang terlampau panas, maka pastikan tanah tidak terlalu kering dengan cara disirami pagi dan sore.

Siapkan Benih Bekualitas Baik dan Unggul.

Benih cabe berkualitas bisa kita ambil dari cabe yang berukuran gemuk dan sehat mengkilat. Atau jika tidak mau repot, bisa kita beli di toko tanaman benih cabe berkualitas dalam kemasan.

Beberapa merk benih cabe biasanya diproduksi dari persilangan varietes benih unggul, pastinya hasil akan lebih baik. Jenis cabe kemasan lebih banyak tergolong jenis cabe hibrida, biasanya lebih tahan terhadap penyakit. Merk terkenal seperti F1 Panah Merah, BISI, Bintang Asia atau yang lainnya biasanya banyak dipakai para petani cabe di Indonesia.

Semai Benih Cabe dengan Benar.

Siapkan wadah berisi air, lalu masukkan beberapa benih cabe siap pakai. Lalu aduk-aduk, dan akan terlihat benih cabe yang tenggelam dan mengambang. Benih cabe yang tenggelam merupakan benih yang bagus untuk ditanam.

Selanjutnya siapkan Pupuk Organik Cair khusus tanaman cabe (banyak tersedia di toko tanaman). Siapkan 1 liter air dengan dosis pupuk sebanyak 100 ml. Perendaman benih cabe untuk meminimalisir adanya penyakit yang menghambat pertumbuhan bibit cabe nantinya,

Rendam benih selama kurang lebih 3 jam, setelah itu benih cabe bisa langsung ditanam pada media semai.

Persiapan Media Semai.

Media semai bisa menggunakan plastik traypot. Gunakan tanah humus bekualitas bagus (bisa dibeli di toko tanaman). Toko tanaman biasanya menjual tanah humus sudah dalam bentuk fermentasi dan kaya akan unsur hara, sehingga bagus untuk pertumbuhan akar.

Jika benih cabe sudah selesai rendaman (sekitar 3 jam), maka selanjutnya tebar benih ke dalam tiap-tiap traypot (media semai) yang berisi tanah humus, sebelum dipindahkan ke polybag. Untuk waktu semai benih cabe yang dibutuhkan, sekitar 30 hari akan tumbuh bibit tanaman cabe.

Traypot-semai-benih-tanaman-cabe
Traypot semai benih tanaman cabe

Salah satunya komposisi yang bisa diterapkan untuk menanam cabe di pot dengan komposisi 2:1:1 yaitu tanah:pupuk kandang:arang sekam. Apabila menggunakan pupuk kandang, sebaiknya pilih pupuk yang telah matang. Untuk mempermudah, toko tanaman sudah menyediakan media tanam humus berkualitas baik.

Setelah 3 atau 4 hari, benih akan tumbuh menjadi kecambah.

Selama masa menunggu muncul kecambah, media semai letakkan di kondisi suhu lembab. Semprot-semprot dan lebih bagus jika media semai ditutup bagian atasnya dengan plastik untuk menjaga kelembapannya.

Jika sudah mulai berkecambah, tutup plastik tadi bisa dibuka agar benih mendapatkan banyak udara can cahaya.

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Stay Connected
16,985FansLike
2,458FollowersFollow
61,453SubscribersSubscribe
Must Read
- Advertisement -spot_img
Related News
- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here