Home AgriCulture Cara Mudah Berkebun Bunga Mawar Bunda Pasti Bisa

Cara Mudah Berkebun Bunga Mawar Bunda Pasti Bisa

0
Cara Mudah Berkebun Bunga Mawar
Cara Mudah Berkebun Bunga Mawar

Cara menanam bunga mawar untuk Bunda yang masih pemula, ternyata mudah loh!. Siapapun yang masih pemula penting untuk mengetahui cara menanam bunga mawar yang baik dan benar. Sebab, dengan tahu dasarnya maka Bunda akan mendapatkan mawar yang indah tumbuh di pekarangan rumah. Hasil mawar yang cantik nantinya bisa dinikmati bersama keluarga.

Manfaat bunga mawar banyak sekali, salah satunya untuk parfum. Ini karena mereka bisa dibuat menjadi air mawar, yaitu air yang dihasilkan dari penyulingan kelopak mawar dengan uap. Air mawar sangatlah harum, dan terkadang digunakan sebagai wewangian alami ringan atau sebagai pengganti parfum.

Cara Menanam Bunga Mawar yang Baik dan Benar

Saat memulai menanam bunga mawar, maka pilih lokasi yang mdah dijangkau, yang cerah dengan drainase atau aliran udara yang baik. Biasanya dipekarangan rumah. Cukup udara, sinar matahari dan mudah dijangkau untuk perawatan maksimal.

cara mudah berkebun bunga mawar pilih area yang mudah dijangkau

#1 – Pilih Pot yang Tepat.

Memilih pot yang tepat menjadi step pertama dalam memulai berkebun. Sebaiknya Bunda memilih pot yang berukuran sedang dan tidak terlalu besar mungkin sekitar 30cm lebih. Hal ini dikarenakan mawar akan tumbuh dengan akar yang panjang sehingga membutuhkan media yang luas. Karena itu pemilihan pot menjadi hal yang sangat penting.

Mawar dalam pot sangat bagus untuk mulai belajar berkebun, karena mereka mudah ditanam dan tumbuh dengan cepat. Benih atau bibit bunga mawar juga dapat dibeli di pembibitan lokal selama musim tanam.

#2 – Memulai dari Bibit Lebih Baik.

Bibit bunga mawar bisa didapat dengan berbagai cara diantaranya dengan stek batang, okulasi, mencangkok, dan menanam biji. Tetapi, memulai dari bibit lebih baik ketimbang harus mulai dari benih/biji. Meskipun boleh-boleh saja bertanam dimulai dari biji, tetapi mungkin akan menunggu lama dan proses bertanam menjadi lebih sulit sedikit. Bibit bisa dibeli di tukang tanam. Pilih bibit yang sudah berusia lebih dari sebulan, dengan tanda sudah muncul batang, daun.

#3 – Pemupukkan Teratur dan Siram Secara Rutin.

Bunda bisa menyiram mawar di setiap jam 06.00, 10.00 pagi dan jam 4 sore. Gunakan air secukupnya, tidak berlebihan, dan membuat mawar menjadi basah sekali.

Pupuk yang ada juga harus diberi secukupnya saja. Hal ini harus dikawal sebaik mungkin demi nutrisi yang ada tetap terjaga dan tidak berlebihan. Adapun produk pupuk untuk mawar sudah banyak kok, Bun pilihannya di toko perkebunan.

Jangan sampai tertukar, pilih jenis pupuk khusus untuk pertumbuhan bunga.

Itulah 3 cara mudah berkebun bunga mawar. Semoga sukses ya bunda.

Baca juga : Cara Memilih Pupuk Untuk Menanam Cabe

Pranata luar : https://distan.bulelengkab.go.id/informasi/detail/artikel/budidaya-bunga-mawar-44

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version